Konco-Konco Puri ….

Di pinggir jalan Tubagus berdiri sebuah kos-kosan besar yang tampak seperti miniatur rusun atau rumah susun. Kos-kosan ini dinamakan Puri Miftahul Jannah atau lebih populer dengan sebutan MJ ( dibaca ‘eMJay’ dengan logat kebarat-baratan :D), dan sesuai dengan namanya Kos-kosan ini dikhususkan untuk perempuan muslimah. Dibangunan inilah cerita ini dimulai. Bangunan yang terdiri dari 3 lantai dan dihuni oleh 26 perempuan dari berbagai suku dan ras yang berbeda. Lantai 1 bangunan ini merupakan basement merangkap ruang tamu dan play ground nya anak-anak kosan. Sedangkan lantai 2 dan 3 merupakan lantai yang terdiri dari kamar-kamar kosan yang jumlahnya ada 16 kamar, 8 kamar dilantai 2 dan 8 dilantai 3. masing-masing lantai terdapat dua blok, blok kiri dan blok kanan yang setiap bloknya memiliki 4 buah kamar mandi umum dan 1 buah dapur.

Cerita kita kali ini akan lebih terfokus pada 6 orang penghuni kosan tersebut, karena kalau semuanya dapat bagian cerita bisa-bisa ni cerita bakal ngalahin ketebalan kamus besar Bahasa Indonesia sesuai EYD yang bisa buat nimpukin anjing tanah sebelah dan buat tu anjing kapok untuk mencuri sepatu selama 1 minggu. Tu anjing yaa, kerjaan mencuri sepatu atau sendal anak-anak kosan yang ketinggalan diluar dan mengembalikannya dalam keadaan yang lebih menyedihkan daripada keadaan sepatu korban tsunami. Lho? Koq jadi gebahas anjing sih.. :D.
Okay, kalau gitu kita mulai aja pengenalan karakter setiap tokoh yang punya peran penting dalam kisah ini.
Ravisha Malani Putri – penghuni kamar 3 blok kiri lantai 2. Panggilan akrab Visha, buat anak-anak yang bisa nyebut ‘V’ secara benar dan jadi Pisa buat anak-anak yang ga bisa sebut ‘V’ secara benar, terutama Asih. Visha, cewe manis berkerudung asal Aceh yang tema hidupnya adalah ’biasa’ dan ‘gila’ tapi ‘mellow’.. Kebayang?? Yaah, emang agak sulit ngebayangin manusia yang satu ini. Secara fisik, Visha adalah cewek semok dengan tinggi badan 163 cm, kulit sawo matang, dan punya ukuran kaki dan tangan yang luar biasa. Nomor sepatu 42 dan sarung tangan cewek udah dipastikan ga akan masuk (bahkan hakim udah ketok palu untuk hal ini…Hmmm… jadi hakim sibuk ya…hahahaha). Visha Mahasiswa semester 3 jurusan Biologi UNB (Universitas Negeri Bandung), universitas ternama dikota Bandung.

Reta Phonna Mustika – penghuni kamar 2 blok kiri lantai 2. Panggilan akrab Ona. Ona, cewek imut dengan tinggi badan 155cm yang hidupnya lurus-lurus aja, termasuk juga ekspresi mukanya yang juga lumayan lurus dan bikin orang-orang mikir kalau dia adalah cewek jutek. Ona juga kebetulan berkerudung dan sangat memperhatikan hal-hal yang berurusan dengan kecantikan. Buktinya setiap bulan Ona punya budget khusus untuk facial dan dia juga rajin banget merawat dirinya. Jadi meskipun kulitnya coklat dia tetap terlihat ‘cling-cling’. Hehehehe.. Ona mahasiswa semester 3 jurusan Teknik Informatika di ITIB (institut Telekomunikasi dan Informatika Bandung).
Radisti Vodia – teman sekamarnya Visha. Panggilan akrab Disti. Cewek manis imut yang tinggi badannya sama Ona asal Makassar ini berambut lurus hasil rebounding sebahu dan memakai kawat gigi. Disti terkenal sebagai cewek dengan mantan pacar terbanyak, 21 orang sampai saat ini. Padahal umurnya aja baru mau 20 tahun, tapi mantannya udah ngalahin umurnya. Ckckck.. Disti emang Masternya deh. Disti juga termasuk cewek mellow yang rada gila, jadi sekamar ama Visha emang udah kombinasi yang cocok. Apalagi mereka sama-sama punya pandangan kebersihan yang sama, dalam skala 1-10 level kebersihan mereka paling tinggi 7,5 jadi yaaa.. gitu deh. 😀

Genia Nurisantika – teman sekamarnya Ona. Panggilan akrabnya Nuri atau Nur kalau lagi buru-buru, :D. Nuri yang merupakan turunan Jawa tulen ini juga berkerudung, berbadan kurus, dan ramah banget dengan gaya bicara yang khas-Semangat berapi-api kayak Semangat 45-nya para pejuang melindungi Bandung lautan Api jaman Belanda, Heeeeee????? Tapi Nuri udah Kayak kakak buat semua anak lantai 2 terutama anak blok kiri karena memang Nuri lebih tua 2 tahun, dan dibalik gaya bicaranya yang berapi-api itu Nuri orangnya sabar banget. Aaaaah… Cinta deeh.. oya, Nuri juga kakak kelasnya Visha di kampus, nuri mahasiswa semester 7 di jurusan yang sama dengan Visha.

Daniela Maya Jacqueline – Cewek yang panggilan akrabnya Nima ini satu-satunya makhluk dari luar wilayah lantai 2. Nima penghuni kamar2 lantai 3 blok kiri. Nima, cewek asal Padang yang punya nama super kebarat-baratan, bahkan Asih sampai butuh waktu 15 menit untuk belajar menyebutkan nama Nima (Koq, asih diomongin terus siih?? Ntar deh tentang Asih akan dibahas lebih lanjut di bab terkait, 😀 tring-tring, hehehe). Nima cewek berkerudung yang berbadan kecil dan punya gaya yang ga sesuai dengan namanya ini kuliah di UNB jurusan Teknik Pertambangan semester 3. Jurusan yang mahasiswa ceweknya abis diitung Cuma pake 1 tangan doank, iyaa bener.. 5 orang cewek mengayomi 127 cowok berbadan kuli dan berbau sedikit masam. Itulah dunia Nima dikampus. Nima punya sifat yang agak sedikit abstrak dan mellow.. bingung??? Sama, semua juga bingung dengan ke-abstrak-an Nima ini. Hahaha.. Nima yang juga punya level kegilaan yang abstrak ini merasa lebih nyambung dengan anak-anak blok kiri lantai 2, makanya kalau lagi ga tidur n ga ada kerjaan dia bakal nangkring di lantai teribut sekosan ini. Hmmm..hmm…:)

Melia Kartini – penghuni kamar 1 lantai 2 blok kiri dan Meli memilih untuk menguasai kamarnya sendiri. Meli, cewek berambut ikal sebahu dengan model yang ga jelas karena emang dipotongnya sendiri didepan kaca kamar mandi ini adalah manusia paling unik sekosan. Cewek asal Palembang yang ngotot bilang kalau dia bukan anak Palembang melainkan A-NAK-IN-DO-NE-SI-A dan tidka putih seperti kebanyakan orang Palembang. Nasionalisme tinggi bahkan kadang berlebihan, punya pandangan unik tentang agama,logis, pintar, jago main gitar dan suaranya bagus. Meli sebenarnya manis, tapi dia sering cuek ama yang namanya penampilan alhasil kemanisannya jadi agak samar-samar deh..hehehe.. Dibalik semua itu Meli cewe yang lumayan melankolis dan enak buat diajak curhat sambil nyanyi dengan gitar sambil memandang langit malam. Meli mahasiswa jurusan Teknik Kimia UNB dan dia seangkatan dengan Nuri.
Kisah-kisah kehidupan sehari-harinya mereka akan mewarnai hari-hari cerah dan suram Puri Miftahul Jannah atau MJ ini dengan tawa, tangis dan kegilaan yang kadang nembus otak kiri sangking ga logisnya atau bahkan nembus otak kanan sangking berperasaannya..hohoho, lebay banget ciiin….

To be continue….